Raphael's Library

Read by children, reviewed by Mom (and the children too).

Buku-buku dengan Ilustrasi Mike Gordon

Ada buku-buku anak yang ilustrasinya lucu dan menarik, sementara isinya tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan wawasan baru pada anak-anak.

Buku-buku yang diberikan ilustrasi oleh Mike Gordon di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

Raphael menyukai buku-buku ini terutama karena gambarnya. Dia bisa terbahak-bahak hanya dengan melihat gambarnya.

Buku pertama yang diperoleh Raphael’s Library adalah Mengapa Aku Harus Makan Makanan Bergizi. Buku ini bercerita tentang seorang anak perempuan yang tadinya tidak mau makan sayur dan lebih suka makan makanan tidak bergizi. Kemudian datang temannya yang menjelaskan mengapa ia harus makan makanan bergizi.

Disampaikan dengan kalimat yang langsung pada sasaran dan didukung gambar yang menarik serta lucu membuat anak-anak mau menyimak dan mengingat pesan dari buku ini.

Ini salah satu halaman kesukaan Raphael :

Lihat wajah anak yang tidak suka makan sayur, benar-benar menggambarkan rasa tidak suka yang juga sering kita temui pada wajah anak-anak. Dan bersin sampai terlepas celananya? Pasti bersin yang hebat!

Ini komentar Raphael : “Buku ini mengajarkan tentang makanan berlemak dan makanan bergizi. Buku ini memberitahukan jika kita makan makanan yang berlemak kita jadi cepat gendut dan sakit. Buku ini  menarik, juga lucu. Aku suka halaman 18, yang gambarnya sedang bersin sampai terbuka celana dan sepatunya….”

Kemudian Raphael mendapat buku berikutnya : Pancaindra – Perabaan

Kali ini buku menjelaskan segala sesuatu mengenai permukaan : halus, kasar, licin, beserta penjelasan singkat bagaimana kita bisa merasakan sensasi melalui perabaan. Kalimatnya cenderung lebih pendek, dan anak-anak lebih suka mengamati gambarnya untuk kemudian bercerita dengan kata-kata mereka sendiri.

Ini gambar pada halaman-halaman awal.

Setelah membaca buku ini, ajak anak untuk mengeksplorasi lingkungan dengan mencari benda yang menggambarkan kosa kata yang baru ia kenal itu : lembut, kasar, halus, lengket, dll.

Buku berikutnya berjudul Pesawat Sederhana – Pengungkit

Tema buku ini agak berat bagi anak-anak kecil, ada istilah titik-tumpu, beban, dll (yang merupakan pelajaran sains kelas 4). Kalimat-kalimatnya pun cenderung lebih panjang dan tidak lagi sederhana. Meskipun demikian untuk bacaan di mana anak dikenalkan dengan pengungkit sih boleh saja.  Anak-anak tampak lebih suka memperhatikan gambar, kemudian diajak berdiskusi mengenai gambar itu daripada memahami kalimat-kalimat pada ceritanya.

Misalnya pada halaman-halaman ini :

Apa yang terjadi jika dua orang duduk di salah satu ujung jungkat jungkit? Ajak anak untuk menjelaskan, mengapa terjadi hal seperti ini. Bila memungkinkan ajak anak melakukan percobaan dengan jungkat-jungkit buatan dari sebilah papan atau penggaris. Setelah menjadi sesuatu yang nyata, konsep ini menjadi lebih mudah untuk dipahami anak.

Buku Aku Diganggu adalah salah satu dari sedikit buku dengan topik bullying yang berbicara langsung dari sudut pandang anak-anak: aku. Pada bagian awal ditampilkan  bagaimana perasaan anak-anak yang diganggu.

Jika ada teman yang mengancamku…. Perutku rasanya kejang, seperti diikat dengan tali…. Aku jadi tidak bisa tidur….. Aku merasa kesepian, tak ada teman yang dapat diajak bicara…..Aku juga jadi tidak suka makan.

Ilustrasi yang ditampilkan sangat menggambarkan perasaan tersebut. Ini dapat menjadi awal untuk diskusi, apa yang anak rasakan ketika dia diganggu, apakah seperti gambar pada buku, apakah dia punya gambaran lain?

Kemudian ada solusi yang diajukan oleh buku ini,  apa yang sebaiknya dilakukan ketika kamu diganggu. Di sini anak sangat membutuhkan bimbingan orangtua untuk melihat adanya kemungkinan akan hasil suatu tindakan. Jadi, buku ini akan bermanfaat optimal bila dibaca bersama orangtua, atau paling tidak ada diskusi setelah membacanya.

Mengapa Aku Harus Membantu awalnya bercerita dari sisi anak. Bagaimana perasaan mereka ketika harus membantu padahal sedang ingin bermain, atau menonton televisi. Kemudian dijelaskan mengapa mereka sebaiknya membantu. Tentu dengan gambar yang kocak, sehingga penjelasannya pun terasa masuk akal dan bisa diterima anak-anak.

Itulah buku-buku dengan ilustrasi dari Mike Gordon di Raphael’s Library. Penulisnya bisa siapa saja, tetapi gambar yang ditampilkan selalu mendukung dan memperjelas paparannya.

Dan yang terpenting bagi anak-anak, gambar-gambar tersebut menarik, nyata, lucu dan akan terus diingat….

Ini situs resmi Mike Gordon : http://www.gordonillustration.com/

Data buku :

Judul : Mengapa Aku Harus Makan Makanan Bergizi?, Judul asli : Why should I Eat Well?, Written by Claire Llewellyn
Judul : Mengapa Aku Harus Membantu?, Judul asli : Why should I Help?, Written by Claire Llewellyn
Judul : Seri Pancaindra – Perabaan, Judul asli : The Senses – Touch, Author : Mandy Suhr
Judul : Seri Pesawat Sederhana – Pengungkit,  Judul asli : Simple Science – Levers, Author : Caroline Rush
Judul : Kenali Perasaanmu – Aku Diganggu, Judul asli : I Feel Bullied – Your Feelings, Written by Jen Green

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 30, 2012 by in Children non-fiction, English Books and tagged , , , , .
Asynchronicities-shmicities

The day-to-day madness of a gifted household

Pio Pio Books

An independent publishing house specialising in Children´s E-books

%d bloggers like this: